1 Guru, 1 Email, 1 Blog = Pembelajaran Interaktif

Cara konvensional dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) yang sering dilakukan adalah guru menerangkan di depan kelas dan siswa/i mendengarkan ceramah. Cara demikian sudah sangat usang dan membosankan karena saya juga pernah mengalaminya saat menjadi siswa dulu. Saat ini yang dituntut adalah bagaimana suatu PBM menjadi proses yang sangat menyenangkan untuk siswa/i sehingga memiliki minat yang tinggi terhadap apa yang diajarkan. Yang sering saya amati di dalam setiap kegiatan belajar siswa/i memiliki semangat belajar pada pagi hari, berkisar antara jam 7.00 sampai jam 10.00, lewat jam tersebut para siswa sudah mengalami kelelahan untuk bisa menerima pelajaran dengan baik. Para guru pun pada jam-jam tersebut sudah mengalami penurunan semangat karena kerongkongan kering akibat terlalu banyak berbicara🙂.
Saya mencoba memberikan salah satu solusi, tetapi ini adalah alternatif di antara berbagai cara mengajar yang menarik lainnya yang sudah ada (tergantung pilihan guru).
Saat ini perkembangan internet demikian pesat. sejak adanya era Web 2.0 yang salah satunya ditandai dengan adanya Blog. Dengan adanya blog bisa menjadi media komunikasi yang efektif dan dimanfaatkan dalam PBM yang menarik dan interaktif antara guru dengan siswa/i. Contohnya yaitu guru memberikan materi atau mengupload materi pelajaran beserta tugas di blognya masing-masing, lalu guru tersebut memerintahkan siswa/inya untuk membaca atau mendownload materi/tugas, setelah itu didiskusikan dan hasilnya di kirim melalui email kepada guru yang bersangkutan.
ini merupakan satu cara tetapi memiliki banyak kelemahan :
1. Tidak semua sekolah memiliki lab. komputer beserta peralatan yang lengkap
2. Banyak guru yang belum memiliki pengetahuan tentang TI
Tetapi kelemahan-kelemahan di atas bisa terpecahkan jika kita memiliki keinginan yang kuat dan perhatian pemerintah yang serius dalam dunia pendidikan.
So.. ini adalah ide (mungkin masih sebatas mimpi) tetapi kita harus berani memulainya. kita mulai dari sini sekarang.
Salam hangat..Santabe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: