Tips Merawat Flash Disk

1. Ikuti prosedur yang benar setiap mencabut flash disk.
Selalu lakukan proses eject atau stop sebelum mencabut FD dari port USB komputer. cara ini menghindari FD cepat rusak dan sekaligus mengamankan data-data yang tersimpan di dalamnya.
2. Hindari edit data dari FD
FD memiliki usia pakai, artinya suatu saat akan rusak dan tidak dapat digunakan. Usia FD berbeda-beda tergantung dari kualitas dan merek. Biasanya dalam spesifikasi daya tahan disebutkan usia FD antara 10.000-100.000 kali proses hapus tulis, dengan demikian kita bisa memperpanjang usia hidup FD dengan cara tidak menggunakannya untuk mengedit data-data secara langsung dari FD.
3. Scan dengan Anti virus secara rutin
Saat pengambilan data atau pemindahan dari PC ke FD, sangat mungkin bukan hanya data yang berpindah tapi juga virus-virus yang terdapat di dalam komputer. Apalagi kalo kita mengambil dan menyimpan data dari internet, resiko disusupi oleh virus akan sangat besar. oleh karena itu, scan FD dengan anti virus update setiap kali anda menggunakannya.
4. Jauhkan dari Air
Meski ada beberapa FD yang mengklaim produk FD mereka anti air, menjauhkan FD dari sentuhan air tetap saja merupakan langkah yang harus ditempuh. daripada resiko kehilangan data jadi jangan sekali-kali membiarkan FD masuk ke dalam air.
5. Hindari Benturan Keras
Jangankan berbenturan keras dengan benda lain, sebuah FD yang terjatuh ke lantai bisa membuatnya cepat rusak. Mengingat produk ini sangat kecil sehingga tidak heran sangat mudah terlepas dari genggaman dan terjatuh ke lantai. saran kami gunakan tali yang biasanya disertakan dalam paket penjualannya, untuk memudahkan membawa FD.
6. Hindari medan magnet
Barang-barang elektronika yang menghasilkan medan magnet, seperti televisi dan handphone sangat tidak baik bagi FD. untuk itu jangan pernah meletakkannya di dekat barang-barang seperti ini.
7. Hindari Suhu Tinggi
FD sangat rentan dengan yang namanya panas. Apalagi terkena sinar matahari langsung. Usahakan tidak menyimpannya di tempat panas dan terkena sinar matahari langsung, misalnya meninggalkan FD di dalam mobil.
8. Bersihkan USB Connector
Usahakan USB Connector dari FD selalu bersih dan bebas debu dan kotoran. FD yang memiliki USB connector yang kotor dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Tidak heran jika sebagian besar FD menyertai penutup bagi USB connectornya. (komputek/0208)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: