JANIS JOPLIN



LITTLE GIRL BLUE

Sit there, hmm, count your fingers.

What else, what else is there to do ?

Oh and I know how you feel,

I know you feel that you’re through.

Oh wah wah ah sit there, hmm, count,

Ah, count your little fingers,

My unhappy oh little girl, little girl blue, yeah.

Oh sit there, oh count those raindrops

Oh, feel ’em falling down, oh honey all around you.

Honey don’t you know it’s time,

I feel it’s time,

Somebody told you ‘cause you got to know

That all you ever gonna have to count on

Or gonna wanna lean on

It’s gonna feel just like those raindrops do

When they’re falling down, honey, all around you.

Oh, I know you’re unhappy.

Oh sit there, ah go on, go on

And count your fingers.

I don’t know what else, what else

Honey have you got to do.

And I know how you feel,

And I know you ain’t got no reason to go on

And I know you feel that you must be through.

Oh honey, go on and sit right back down,

I want you to count, oh count your fingers,

Ah my unhappy, my unlucky

And my little, oh, girl blue.

I know you’re unhappy,

Ooh ah, honey I know,

Baby I know just how you feel.

selain menikmati puisi (dengan membaca dan menulis), kegemaran saya yang lain adalah mendengarkan musik, terutama bergenre Rock n Blues (beserta turunannya). Bagi saya tidak ada yang indah selain mendengarkan genre musik tersebut. Saya ingin membahas satu persatu idola saya dalam musik dalam blog ini, dan itu merupakan cita-cita yang sekarang ingin saya wujudkan.

Saya ingin menulis untuk yang pertama kali tentang musik yang mempengaruhi hidup saya. Kesempatan pertama ini saya ingin membahas tentang Janis Joplin.

Janis Lyn Joplin, begitulah nama lengkapnya, wanita kelahiran 19 Januari 1943 di kota Port Arthur, Texas, AS, dilahirkan dari ibu bernama Dorothy East (1913-1998) dan ayah bernama Seth Joplin (1910-1987).

JJ merupakan wanita yang menggeluti musik blues yang kebanyakan didominasi oleh kulit hitam. Musik blues adalah musik pemberontakan terhadap kulit putih yang memperlakukan warga kulit hitam sebagai budak.

Blues dipilih sebagai keterwakilan dirinya yang suka memberontak terhadap nilai kemapanan yang berlaku pada saat itu.

Saat saya pertama kali mendengar lagu JJ (saya tidak ingat kapan saya menyukai suaranya), sesuatu yang luar biasa, begitu aneh dan memberikan kesan lain dalam diri saya. Mezzo-Soprano demikian jenis suara yang keluar dari tenggorokannya saat menyayikan lagu.

Teriakan dalam setiap lagunya membuat hati saya bergetar, dan lyrik lagu yang saya tulis di atas merupakan salah satu lagu JJ yang sampai sekarang tidak pernah bosan saya dengarkan. Untuk merasakan bagaimana rintihannya dalam blues saya sudah UPLOAD
1 buah lagu (Little Girl Blue) dan silahkan di download di SINI.

Saat santai atau ingin tidur saya sangat menikmati lagu-lagu JJ, liriknya yang dalam dan selalu menceritakan tentang rintihan dan penderitaan (karena memang blues adalah rintihan yang menyayat).

Kehidupan JJ yang nyentrik dan tidak lepas dari Whisky dan heroin menyeretnya pada kematian., pada usia yang sangat muda (27 tahun) akibat Over Dosis. Jenazahnya di kremasi dan dilarungkan ke lautan pasifik

Leave a Reply

