VirtualBox di BlankOn 4

toKL
Saya menulis blog tentang virtualbox (Vib) karena dipesan sama saujiro. Dia kayaknya rada-rada co.id (baca koit) dengan Vib yang di ambil dari repository Intrepid Ibex. Saat saya menginstal virtualbox dari repository, saya juga merasakan hal yang sama, ViB gak bisa digunakan, tapi memang ilmu saya masih cetek makanya tidak bisa maksimal penggunaannya.
Terus..saya mencoba mancari pencerahan di situs resminya ViB di sini.

untuk mempersingkat waktu kita mulai aja deh
1. Edit repository yang dimiliki dengan langkah klik System==> Administration ===> Synaptic Package Manager


3. Setelah password terlewati, Jendela Synaptic terlihat seperti ini :
untuk mengedit synaptic dengan cara klik Setting kemudian klik Repository

4. Jendela untuk mengedit terlihat, kemudian klik tab Third-Party Software

5. kemudian klik add pada jendela APT Line isikan: deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian intrepid non-free. setelelah itu Klik add source

6. Download dan daftarkan Public Key, pada Terminal ketikkan
wget -q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/sun_vbox.asc -O- | sudo apt-key add –

7. kembali pada Jendela Synaptic, klik Reload yang terletak pada pojok kiri atas

8. langkah berikutnya adalah menginstall Vib, pada Synaptic klik search kemudian tuliskan virtualbox-2.0

kalo sudah ketemu tinggal centang aja tuh virtualboxnya kemudian klik Apply.

Di samping cara di atas ada cara lain menginstal Vib, yaitu full menggunakan terminal. Langkah ini sangatlah sederhana.
1. pada terminal ketik : sudo gedit /etc/apt/sources.list, kemudian masukkan password
2. setelah jendels muncul gedit, copy pastekan : “deb http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian intrepid non-free” pada sources.list. tanpa tanda kutip
3. klik save pada gedit kemudian tutup/close
4. ketikkan pada terminal
wget -q http://download.virtualbox.org/virtualbox/debian/sun_vbox.asc -O- | sudo apt-key add –
5. setelah itu ketikkan sudo apt-get update
6. untuk menginstall Vib ketikkan sudo apt-get install virtualbox-2.0

Setelah terinstall di kompi kita, biasanya Vib tidak bisa langsung di gunakan karena belom di atur permissionnya. nah untuk mengaturnya dengan cara
1. klik system====> Administration ====> klik User and Groups
2. Jendela User and Group dengan senang hati tampil di monitor


4. Berikutnya klik 1 kali nama user, lalu klik Manage Group, kemudian scroll sampai tulisan vboxuser terlihat dan di klik 1 kali, setelah itu klik Properties

5. Pada Groups Member centang user name yang kita gunakan, lalu klik Ok

setelah langkah-langkah di atas sukses, silahkan gunakan virtualbox untuk mencoba berbagai macam sisim operasi di komputer kita

2 responses to this post.

  1. Posted by saujiro on December 8, 2008 at 6:58 am

    pak oland memang cakeptampan,ganteng,dan segalanya dechakhirnya virtual bbox yang saia install atas petunjuk oland wardiansyah tuntas tas tas tas

    Reply

  2. Posted by olanuxer on January 3, 2009 at 8:15 am

    tai kucing lu!!! :))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: