PELATIHAN MASTER TEACHER DI ICT CENTER KAB.BIMA

Pelatihan Master Teacher (MT) Program Percepatan Pemerataan Mutu Pendidikan, hasil kerja sama antara PT. Intel Indonesia, Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Departemen Pendidikan Nasional dengan AMIKOM Mataram yang dipusatkan di ICT Center Kab. Bima (SMKN 1 Bima) baru saja selesai dilaksanakan. Kegiatan berlangsung mulai tanggal 15 sampai dengan 18 Desember 2008. 30 orang guru berasal dari berbagai sekolah di beberapa kecamatan di Kabupaten Bima, melaksanakan Pelatihan TOT (Training Of Trainer) Program Jaringan Informasi dan Simpul Pengembangan sumber Belajar KKG (Kelompok Kerja Guru)/MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) berbasis ICT (information and Communication Technology).

Pelatihan yang berlangsung sangat menarik yang dipandu oleh 2 orang Senior Teacher (ST) yaitu Maspaini, S.Kom dengan Herliana Rosika, S.Kom dari AMIKOM Mataram. Keasyikkan dalam melaksanakan praktek penggunaan komputer membuat peserta lupa waktu, pada jadwal yang seharusnya untuk istirahat dan makan siang, sering diabaikan, akhirnya panitia agak sedikit “memaksa” supaya peserta bisa mempergunakan waktu istirahat yang telah ditentukan.
Materi pelatihan adalah Browsing, Email (milis), membuat blog, menggunakan program pengolah kata, lembar sebar dan presentasi.
Meskipun jarak tempuh yang jauh untuk menuju ke Kecamatan Lambu, tempat di mana berlangsungnya pelatihan, tapi tidak mengurangi minat para guru untuk tetap mengikuti materi selama 4 hari, Bahkan ada ibu guru yang masih mengandung tetap semangat mengikuti arahan-arahan dari para Senior Teacher.
Setelah dilatih oleh Senior Teacher, 30 orang Master Teacher, diwajibkan untuk melatih masing-masing 5 Guru Participant sehingga kalau dikalkulasikan ada 150 guru lagi yang akan mengerti tentang seluk beluk penggunaan Teknologi Informasi untuk Kegiatan Belajar Mengajar.
2 tahun keberadaan ICT Center telah memiliki “alumni” sejumlah 50 orang guru, 20 orang tenaga pustakawan dan 20 orang tenaga Tata Usaha, yang telah memiliki dasar penggunaan komputer dan internet. Mudahan-mudahan ini sedikit demi sedikit dapat mengurangi kesenjangan digital yang terjadi di Kabupaten Bima.

3 responses to this post.

  1. Posted by amanmbojo on December 25, 2008 at 5:13 am

    waaa…seru banget ni Pak kabupaten Bima punya program kaya’ gini…

    apa kabar dengan kota Bima pak? ICT center apakah ada disana?

    Reply

  2. Posted by olanuxer on December 25, 2008 at 7:01 am

    ict center kota bima ada di SMIK (smk 3), ketuanya pak hermansyah. masing-masing ict center berbeda programnya, tetapi intinya membantu sekolah, guru dan siswa untuk melek IT

    Reply

  3. Posted by Amrullah on December 27, 2008 at 2:24 am

    mudah-mudahan ini awal yang baik bagi perkembangan IT di bima…
    salam kenal mas..
    amrullah

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: