APTonCD di BlankOn

Linux ditakdirkan untuk selalu berhubungan dengan internet, tak terkecuali pada saat menginstall software-software yang dibutuhkan untuk mendukung perkerjaan, meskipun sekarang untuk Linux ubuntu sudah memiliki kumpulan software offline yang terangkum dalam 5 kepingan DVD (jadi tidak perlu koneksi internet). Pada awal mengenal linux saya jengkel kalau disuruh terhubung ke internet, karena pada saat itu tidak ada internet di kampung halaman saya. Tapi alhamdulillah saat ini, saya bisa terhubung ke internet sampai teler dan hal yang sering lakukan adalah mendownload software-software untuk BlankOn linux, nah kumpulan-kumpulan software yang berekstensi *.deb (karena ubuntu dan BlankOn berbasis Debian) yang sudah saya download di komputer saya tersebut bisa saya installkan pada komputer/laptop lain tanpa memandang hardware, dengan menggunakan software APTonCD. (ini tidak mungkin dilakukan oleh sistim operasi windows).

What is APTonCD?

APTonCD is a tool with a graphical interface which allows you to create one or more CDs or DVDs (you choose the type of media) with all of the packages you’ve downloaded via APT-GET or APTITUDE, creating a removable repository that you can use on other computers.
APTonCD will also allow you to automatically create media with all of your .deb packages located in one especific repository, so that you can install them into your computers without the need for an internet conection.(http://aptoncd.sourceforge.net/

Jadi APTonCd semacam kumpulan mini dari ribuan software yang dimiliki oleh linux yang kita pilih sesuai dengan kebutuhan kerja kita.
Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah menginstall APTonCD pada komputer kita.

Klik System==>Administration==> Synaptic Package Manager
atau cara ringkas dengan menggunakan Terminal (Apllication==>Accesories==>Terminal) tinggal ketik :
Sudo apt-get install aptoncd

klik search, kemudian tuliskan aptoncd, klik tombol search.
Setelah beberapa detik, paket aptoncd akan muncul, yang kita lakukan berikutnya adalah klik kotak keci yang adal, lalu akan muncul beberapa pilihan tetapi yang kita pilih adalah mark for installation

Setelah itu akan muncul jendela seperti di atas untuk mengkonfirmasi paket yang akan diinstallkan. Klik Aplly, akan ada proses dowload yang lamanya tergantung dari kecepatan internet yang dimiliki.

setelah terinstall kita bisa membukanya lewat menu System==>Administration==>APTonCD
akan muncul jendela seperti di bawah ini
Klik Create, lalu akan muncul jendela baru seperti ini,lalu klik Burn
Setelah meng-klik Burn, muncul jendela kecil bernama Installation Disc Properties, yang berisikan
1. Type Of Medium : Ada 2 pilihan yaitu 1 cd dan 1 dvd, pada pilihan ini sebenarnya tergantung banyaknya software yang sudah kita download. Seandainya memungkinkan, paketan yang telah di download bisa ditampung atau di burning dalam kapasitas 1 cd atau 1 dvd.

2. Destination of the Image (s) : File yang akan dibuat sebenarnya adalah file dalam bentuk image (*.iso), sedangkan letak file yang akan di burning bisa kita pilih sesuai dengan keinginan, tetapi defaultnya adalah terletak di folder Home.
3. File name for the image : keterangan nama file image. Nama file ini akan menyesuaikan pada tahun, bulan dan tanggal saat kita membuat APTonCD.
4. Create Meta Package : keterangan ini boleh dicentang atau tidak.

Jika sudah sesuai, Klik Apply, setelah itu muncul jendela Creating APTonCD. Proses berjalan otomatis. Mulai dari Copying Packages, Scanning Packages, Making the .iso Images dan clearing session

Setelah proses di atas terlewati, muncul jendela yang menanyakan Do you want burn it now?
untuk software burner, secara default adalah nautilus-cd burner, tapi pilihan ini bisa kita rubah, misalnya menggunakan K3b atau Brasero Disc Burning.

Tapi sendainya belom ada niat untuk mem-burning klik aja No file .iso yang telah dibuat akan disimpan pada folder /home/alfa-jiwa (untuk komputer saya).

Demikian tutorial tentang APTonCd, sedangkan cara menginstall menggunakan APTonCd, pada komputer/laptop, akan saya buat tutorial berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: