Taruna SMKN 1 Bima Magang Ke Jepang

!– @page { size: 8.5in 11in; margin: 0.79in } P { margin-bottom: 0.08in } –>

Sekolah Menenengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang mencetak tenaga siap pakai untuk tingkat menengah. SMK Negeri 1 Bima (dulunya SMK Negeri Kelautan dan Perikanan Sape) merupakan salah satu sekolah yang didirikan khusus untuk menciptakan tenaga kerja di bidang kelautan dan perikanan.
Tanggal 22 Januari lalu, untuk yang ke-6 kalinya SMKN 1 Bima didatangi oleh Managing Director Tee Kay Corporation Jepang, Mr. Atshusi Izumaru dan Pak Haryono dari PT. Puji Utami (PUMI) yang merupakan perwakilan Tee Kay Corporation Indonesia.
Kedatang mereka berdua adalah untuk melakukan seleksi awal Taruna tingkat III Jurusan Nautika Perikanan Laut (NPL) untuk dimagangkan di kapal ikan jepang selama 3 tahun.

Seleksi dilakukan sangat ketat dan dijamin kejujurannya karena dilakukan sendiri oleh perwakilan dari perusahaan tersebut. Materi seleksi meliputi Test tinggi badan dengan tinggi minimal 160 cm , tes angkat barbel yang beratnya 28 kg sebanyak minimal 20 kali, tes scout jump sebanyak minimal 60 kali, tes buta warna, dan wawancara.

Banyak sekali keuntungan yang akan diperoleh oleh Taruna, diantaranya tidak dipungut biaya administrasi, sebelum berangkat ke Jepang akan di training di Jakarta selama 3 bulan dan mendapat uang saku 150 dolar Singapura ( 1.050.000/bulan), mendapatkan Buku Pelaut Jepang (Orange Book), mendapatkan Sertifikat Jitco (sertifikat training) sehingga nanti setelah selesai magang bisa bekerja di Perusahaan-perusahaan Jepang yang ada di seluruh dunia, di samping itu apabila telah menyelesaikan magang tanpa kendala dan ingin melanjutkan kuliah, bisa mendaftar di Universitas Borobudur Jakarta dan langsung menjadi mahasiswa semester 4. Gaji untuk Taruna yang telah lolos seleksi, untuk tahun pertama akan mendapat 40.000 yen/bulan, sedangkan untuk tahun kedua dan ketiga akan mendapat 70.000 yen/bulan, jadi selama 3 tahun magang para taruna akan mendapatkan penghasilan yang kalau di rupiahkan sekitar 216 Juta.

Untuk angkatan pertama yang lolos pada tahun 2004, telah kembali ke Indonesia (sape), dan telah menyumbangkan 1 unit komputer dan printer serta baju olah raga untuk sekolah.

Ingin seperti mereka???

8 responses to this post.

  1. Posted by ilalangmbojo.blogspot.com/ on February 13, 2009 at 8:48 am

    selamat buat smk1bima dan taruna magang ke Jepang. selamat datang buat taruna purna magang. semoga tetap berkarya.

    Reply

  2. Posted by fahry on February 13, 2009 at 8:50 am

    selamat buat smk1bima dan taruna magang ke Jepang. selamat datang buat taruna purna magang. semoga tetap berkarya.

    Reply

  3. Posted by Amrullah on February 14, 2009 at 4:16 pm

    mantap…
    pasti bangga guru yang mengajar mereka..
    terus maju dan semanggat yach…
    mampir ke
    http://rumahberita.multiply.com

    Reply

  4. Posted by olanuxer on February 15, 2009 at 9:39 am

    @ amrullah trims ya, tapi gurunya gak bisa ke jepang nih🙂

    Reply

  5. Posted by adiet on April 6, 2009 at 12:53 pm

    bpk\ibu guru yg saya cinta terutam buat pak olan,pak diman,bu nita kbenya ge mana pa baek2 aja ?oy skarang salim da ngelanjut kuliah di unhas jurusan ilmu kesehatan skarang salim da ngga malas lagi.bls ya pak

    Reply

  6. Posted by adiet on April 6, 2009 at 1:01 pm

    oy terima kasi buat bpk\ibu guru saya merasa senag karna sekolah ini telah memberikan nilai kelulusan yang baik ,smoga di tahun yang ini agar lebih baik dr tahun lalu

    Reply

  7. Posted by olanuxer on April 10, 2009 at 1:29 pm

    @ adiet alhamdulillah sudah lanjut kuliah, terus belajar. maaf baru balas soalnya di jaringan smk blog saya gk bisa di buka😦

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: