Workshop Linux di SMAN 1 Kota Bima

Setelah sukses menyelenggarakan Kampanye linux di SMPN 1 Kota Bima bulan April lalu, kembali aktivis linux yang tergabung dalam ManuX (Masyarakat Linux) NTB melaksanakan Workshop Linux di SMAN 1 Kota Bima (NTB). Saya, Ramiaji, Budi, dan Fitrah, mendatangi sekolah tersebut pada tanggal 9 Mei 2009.

Sebenarnya saya merencanakan akan mendatangi lagi beberapa sekolah bulan Juni karena saya menunggu rilis BlankOn 5.0 dengan nama kode Nanggar, tetapi setelah mendapat info salah satu siswa SMAN 1 Kota Bima, bahwa guru-guru TIK yang ada sedang belajar linux, maka naluri untuk berbagi ilmu mendorong saya untuk berinisiatif untuk secepatnya mengadakan workshop.
Sayapun mengirim surat permohonan yang akhirnya disetujui untuk dilaksanakan pada hari Sabtu. Awalnya saya meragukan workshop akan dihadiri oleh banyak peserta mengingat saat itu bertepatan dengan hari libur, tapi sungguh diluar dugaan, peserta yang datang saya hitung sekitar 40 orang yang terdiri dari para guru, dan siswa/i.
Seperti biasa, di awal acara, saya mempresentasikan tentang sejarah linux, kemudian masuk ke pembahasan khusus tentang BlankOn, setelah presentasi selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.
Banyak pertanyaan-pertanyaan dasar peserta yang berkisar tentang cara penginstalan, penggunaan linux untuk kegiatan sehari-hari, menjalankan file video, MP3, dan lain-lain.
Untuk menyambung antusiasnya peserta, Pak Ramiaji melakukan step by step cara penginstalan BlankOn yang di awali dengan menjelaskan cara setting BIOS. BlankOn yang diinstalkan adalah versi live cd karena prosesnya tidak terlalu rumit untuk pengguna yang ingin mendalami linux.
Rencana awal, kami akan Ramiaji akan mendemokan cara menginstal pada komputer milik sekolah yang sudah disediakan, tetapi setelah di test, CD-Rom tidak berfungsi dengan baik. Fitrah lalu berinisiatif mengambil CD-Rom di komputer pribadinya di rumah. Setelah berdiskusi beberapa saat, akhirnya diambil keputusan, demo dilakukan dengan menggunakan laptop milik Ramiaji.
Disela-sela penginstalan berjalan, kami juga membuka sesi tanya jawab, supaya peserta tidak bosan menunggu proses penginstalan. Berbagai pertanyaan kembali dilontarkan oleh Siswa/i. Salut atas atensi dari Siswa/i SMAN 1 Kota Bima.
Setelah penginstalan selesai, Ramiaji mendemokan cara menginstal paket software melalui cd aptoncd yang telah dibuat sebelumnya, sambil menjelaskan kelebihan-kelebihan betapa mudahnya menginstal paket dengan menggunakan cd tersebut.
Sesi berikutnya, mendemokan linux live usb,saya sengaja menggunakan moolux, untuk menjelaskan linux yang menggunakan KDE sebagai Desktop defaultnya.
Pasca acara, tentu saja mengcopy cd BlankOn, dan membuat linux live dengan menggunakan USb milik siswa/i

7 responses to this post.

  1. Posted by Black_Claw on May 25, 2009 at 12:17 am

    WAH HEKER

    Reply

  2. Posted by Nawassyarif on August 29, 2009 at 4:44 am

    skarang tinggal di bima mana maz??

    Reply

  3. Posted by olanuxer on August 29, 2009 at 9:07 am

    di sape sekarang

    Reply

  4. Posted by Jumadil Akbar, S.Pd on September 21, 2009 at 11:48 am

    salam kenal……………

    Reply

  5. >luar biasa.ramiaji dan budi itu tinggal dimana dan ngajar ngga,,??dmna,,???

    Reply

  6. >pak ramiaji da pak budi ngajar di sman 1 belo (cenggu)

    Reply

  7. >Artikel nya menaarik…salam kenal…saya juga alumni smansakobi…melihat perkembangan IT di bima sangat maju..mudah-mudahan dapat memajukan potensi SDA masyarakat BIMA…..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: