Amarok

Untuk jenis-jenis pemutar musik di linux, dulu saya paling senang menggunakan xmms, tapi sekarang, setelah paket Xmms sudah tidak ada dalam repository, saya beralih menggunakan Amarok dan susah untuk pindah ke lain hati, meskipun sekali-sekali saya menggunakan audacious. Apalagi sekarang sudah ada versi Amarok terbaru yaitu 2.0.2 yang terdapat pada repository Jaunty. Suatu ketika saya ingin sekali mendengarkan musik sambil bernyanyi, awalnya saya biasanya searching di google untuk mencari lirik musik rock barat yang saya inginkan. Karena tidak terlalu paham alias o’on Bahasa inggris dan kemampuan TOEFL saya mendapat skor kayaknya hanya sampai 05,44 aja


Jadi yang saya lakukan adalah mendengarkan musik sambil membaca lirik pada situs tertentu yang menyediakan lirik lagu yang saya ingin nyanyikan. Penasaran dengan fitur-fitur yang ada pada Amarok, saya lalu mengutak-atiknya mencari-cari fitur lirik yang ada. Tujuannya biar gak nge-google lagi untuk urusan lirik. Setelah ketemu caranya ternyata sangat gampang, ada fitur lyric applet yang sangat membantu. Klik kanan pada area tengah (gak tau area apa namanya, lihat saja tangkapan layar di bawah ini), setelah itu klik Add Applet


perhatikan area pada bagian kiri bawah, akan muncul pilihan applet yang akan kita gunakan. Klik Lyrics Applet


Lirik akan otomatis muncul pada lagu barat yang kita dengarkan. Kita harus terhubung ke internet untuk dapat memanfaatkan fitur karena lirik otomatis diambil pada situs http://lyricwiki.org, dan sayangnya tidak semua lagu memiliki lirik pada wiki tersebut, karena tergantung ada orang yang dengan suka rela menuliskan lirik untuk lagu-lagu kesayang kita.


keep in linux and keep in rock beibeh………

Leave a Reply

