Tanggung Jawab Baru ICT Center Kab. Bima

Tahun 2009 ICT Center yang ada di seluruh indonesia mendapat tanggung jawab baru. Tidak terkecuali ICT Center Kabupaten Bima yang berada di SMKN 1 Bima. Tanggung jawab baru tersebut adalah mendata, semua SMK negeri maupun swasta, baik SMK induk maupun SMK kelas jauh (filial) yang ada di wilayah kerja masing-masing.
Data-data yang harus dikumpulkan tersebut berupa data jumlah PSB (Penerimaan Siswa Baru), jumlah siswa secara keseluruhan, program keahlian yang dikembangkan, data guru dan pegawai UPTD dan banyak lagi yang lainnya.
Data tersebut akan digunakan sebagai bahan perencanaa pembinaan SMK dalam rangka pencapaian Rencana Strategis (Renstra) Depdiknas tahun 2005-2009.
Wilayah kerja ICT Centre Kab. Bima meliputi SMKN 1 Bima yang beralamat di Kecamatan Lambu, SMKN 2 Bima yang berada di Desa Pandai (memiliki kelas jauh yaitu SMK Sanggar dan SMK Monta), SMKN 3 Bima yang berada di Wera, SMKN 4 Bima, terletak di Langgudu, SMKN 5 Bima, terletak di Rora (memiliki kelas jauh SMK Soromandi), SMK Kesehatan Yahya Woha, SMK Amanah Bolo dan SMK Kesehatan Madapangga.Tidak semua mata diklat, terutama mata diklat Adaptif maupun produktif tercantum dalam aplikasi tersebut, sehingga data yang masuk menjadi tidak lengkap.
Untuk melengkapi pengumpulan data, masing-masing ICT Center menggunakan software Data Pokok. Secara keseluruhan aplikasi data pokok tersebut lumayan baik, namun ada yang membuat saya kecewa dengan keberadaan software tersebut, karena :

Hanya berjalan pada sistim operasi window$. Saya merasa ini adalah penghianatan (menurut kamus saya, mungkin istilah ini terlalu berlebihan menurut orang lain) terhadap komitmen Depdiknas yang telah menandatangani IGOS (Indonesia Go Open Sources) sebagai suatu gerakan untuk mengurangi pembajakan software dan mengurangi ketergantungan terhadap suatu vendor. Kita harus melihat realita pada sekolah-sekolah yang ada, bahwa untuk membeli software legal dengan biaya yang mahal belum tentu dapat dipenuhi oleh tiap-tiap sekolah. Dengan demikian dengan adanya aplikasi yang hanya bisa dijalankan dengan satu sistim operasi berbayar, berarti secara tidak langsung akan memaksa pada sekolah tersebut untuk menggunakan sistim operasi window$ bajakan. Pada pelaksanaan bimbingan teknis yang dilaksanakan di Jakarta beberapa waktu yang lalu, saya melakukan protes terhadap kebijakan ini, saya menilai hal ini tidak memihak kepada pengguna Open Sources. Saya merasa heran dengan keadaan ini, dalam otak saya yang lugu, timbul pertanyaan mengapa Depdiknas tidak mampu merekrut orang untuk membuat aplikasi lintas platform. Saya berharap untuk pelaksanaan ke depan akan ada aplikasi yang bisa dijalankan pada semua sistim operasi (baik Linux, Macintosh, maupun window$).

Tidak semua mata diklat, terutama mata diklat Adaptif maupun produktif tercantum dalam aplikasi tersebut, sehingga data yang masuk menjadi tidak lengkap.

Saya sangat salut komitmen pemerintah untuk memajukan SMK yang ada di seluruh Indonesia, dengan adanya pendataan ini berarti akan ada data yang real time, cepat dan tepat, sehingga pada pelaksanaan pengambilan kebijakan di tingkat pusat, tidak ada lagi istilah menunggu data.

Mudah-mudahan tanggung jawab ini bisa dilaksanakan oleh tim Data Pokok di ICT Center Kabupaten Bima, yang saat ini sedang bekerja turun ke masing-masing SMK, naik turun gunung untuk mendapatkan data yang akurat.

One response to this post.

  1. Posted by arief on July 26, 2009 at 11:38 pm

    wah kayak nya pak ketu ITC bima bakal sibuk neh mendata smk di kabupaten…ehhehe"Untuk melengkapi pengumpulan data, masing-masing ICT Center menggunakan software Data Pokok.tetapi Hanya berjalan pada sistim operasi window$." ==>>gak support ya pak kalo selain windows…??jujur sy aja masih pake windows bajakan..gak mampu ke beli yang ORI…ehehehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: