Rahma dan Yunara

Tiba-tiba saja telepon Om Didi berdering. Senja itu, Saat kami sedang kongkow, meneguk kopi sambil menikmati suasana sore di salah satu rumah makan di Sape.
Di ujung telepon terdengar seorang laki-laki bersuara agak berat (saya mendengar, karena Om didi menggunakan speaker phone) mengabarkan bahwa ada seorang yang bersepeda keliling indonesia ingin bertemu. Saya kaget. Di milis Bike To Work (B2W) memang ramai membahas tentang perjalanan keliling Indonesia menggunakan sepeda, Sepasang suami istri tuna rungu. Tapi saya sungguh tidak menyangka mereka berdua akan sampai di Sape, Kecamatan paling ujung di Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Bergegas kami keluar Rumah makan, menghidupkan motor dan memacu agak cepat menuju rumah Om Didi.Setelah sampai di depan rumah 2 orang menunggu kedatangan kami. Seorang pria tinggi besar yang ternyata pekerja hotel dan seorang cewek hitam manis menyalami kami berdua. Saya langsung menebak cewek itu adalah Rahma, lengkapnya Rahma Anggraeni Chibro, mantan atlet khusus penyandang cacat nasional untuk kategori lari 100 meter yang bersuamikan Yanura, seorang tuna rungu juga.
Pertemuan pada saat itu berlangsung cepat, dengan suasana yang tidak nyaman karena listrik padam. Rahma hanya ingin mencari tahu keberadaan kami berdua sebagai perwakilan B2W Bima. Saat berbicara dengan Rahma, kami saling menebak apa yang ingin disampaikannya. Jelas kami kesulitan memahami perkataannya, tetapi dengan bahasa isyarat tertentu, akhirnya disepakati kami bertemu di Hotel dimana mereka berdua menginap pada pukul 20.00 WITA.
Pada waktu yang disepakati, kami pun bertemu. Saya berkenalan dan menyalami Yanura, Pria tinggi, berkulit putih dengan wajah yang tampan menyambut dengan hangat. Om Didi duduk bercerita dengan mereka, sedangkan saya melihat kondisi sepeda yang mereka gunakan dan mengecek kerusakan-kerusakan yang ada. Alhamdulillah, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan keadaan sepeda, walapun ada satu jeruji yang agak bengkok.
Setelah memastikan semua aman, saya bergabung mendengarkan cerita, suka dan duka perjalanan mereka menempuh rute yang sangat panjang. Rute Jawa-Bali merupakan rute yang mengasyikkan, tetapi saat memasuki ujung barat Pulau Sumbawa, ada kekhawatiran yang menghinggap, karena sepanjang jalan, yang mereka lihat hanya hutan yang sepi, dengan rumah penduduk yang jarang dan saling berjauhan serta jalan yang menanjak dan menurun dengan kondisi rusak dan sempit. Tidak hanya itu, mereka bercerita saat dilepas oleh Menteri Dalam Negeri, saat bertemu dengan rekan-rekan B2W yang pada daerah yang mereka lewati, bertemu Gubernur, Walikota/Bupati. Rekaman hasil perjalanan, mereka perlihatkan dengan suka cita, baik foto-foto maupun surat-surat keterangan dari pemimpin-pemimpin daerah setempat. Sungguh membuat bangga dan terharu!.
Suasana bertambah hangat, akrab. Kami sudah agak bisa memahami apa yang mereka ucapkan. Bercerita panjang lebar, tentang keluarga dan kehidupan, sampai pada akhirnya kami harus pamit untuk pulang karena waktu yang sudah semakin malam. Keterbatasan memang tidak menjadi penghalang untuk meraih apa yang diinginkan, cerita-cerita heroik semacam ini, dari dulu hanya saya tonton di acara semacam Kick Andy. Tetapi sekarang, dihadapan saya, sepasang suami istri tangguh memaparkan apa yang telah mereka raih. Berkeliling Indonesia dengan semangat dan tekad yang tinggi meskipun harus meninggalkan anak tercinta yang baru berumur 4 tahun.
Terima kasih Allah, kami sudah bertemu mereka, mudah-mudahan bisa menjadikan kami untuk pandai bersyukur dengan apa yang telah kami miliki sekarang.

One response to this post.

  1. Posted by Endra Datta on October 9, 2009 at 6:37 am

    salut om oland.. trims atas supportnya untuk Rahma dan Yunara.. hebat ya mereka berdua..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: