Blender

Wah apa lagi nih?, kalau yang senang memasak, pasti butuh alat bantu ini untuk menghaluskan bumbu-bumbu, membuat juice. Tetapi orang yang berkecimpung di dunia grafis, Blender adalah tools Open Sources untuk membuat animasi 3 dimensi, baik film maupun gambar. Gambar buah anggur di atas adalah salah satu hasil dari Blender, kelihatan seperti nyata. Yang membuat saya takjub, karena software ini gratis, lintas platform bisa digunakan pada Linux, Macintosh maupun window$ dan bisa langsung di unduh pada situs resminya di sini. Coba anda bandingkan dengan software 3 dimensi sejenis seperti 3dMax yang harganya mencapai Rp. 40.848.000 (Empat Puluh Juta Delapan Ratus Empat Puluh Delapan Ribu Rupiah), gila!, gak percaya dengan harga segitu?, bisa intip di sini daftar harganya. Silahkan buktiken!!. Jika software berbayar tersebut menghasilkan kualitas film dan gambar animasi yang menarik, menurut saya wajar, karena memang mahal. Tetapi jika software gratis mampu menyainginya, itu merupakan sesuatu yang istimewa. jangankan menyaingi, berada 5 tingkat di bawah 3dMax saja, saya tetap menganggapnya istimewa, karena gratisnya itu. Film yang pertama saya tonton, yang dibuat menggunakan Blender adalah Big Buck Bunny. Film 3 dimensi yang menurut saya, sangat halus pengerjaannya. Tidak hanya itu, masih banyak film-film animasi lainnya yang dibuat dengan software gratis ini, selengkapnya bisa di download di sini atau ingin melihat gambar-gambar yang dihasilkan tengok ke sini

Jangan anggap enteng dengan barang gratisan, karena yang gratis belum tentu tidak bermutu. Di Indonesia, negara kita tercinta ini, kawan-kawan yang tergabung dalam blender indonesia, telah membuat karya-karya istimewa. Silahkan masuk ke situsnya, nikmati karya anak bangsa, yang cerdas karena tidak menggunakan barang bajakan dan mau mencoba hal-hal baru. Bacalah di sini, anda akan mengacungkan jempol. (warning : hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki jempol yang utuh).
Dengan adanya Blender Indonesia, tentu akan sangat membantu teman-teman untuk lebih mendalami cara pembuatan dan pengerjaan film dan gambar animasi. Ini akan lebih memacu kreativitas dan kemajuan Free and Open Sources Software di Indonesia. Sebagai motivasi untuk anak-anak bangsa yang lain, untuk merdeka dan tidak terkungkung dengan software yang berbayar.
Kawans, saya tidak punya keahlian untuk berkiprah di dunia animasi dan grafis, karena memang gak punya bakat seni, dan otak kanan sudah sangat tumpul. Tetapi saya sangat menikmati hasil dari karya seni yang telah dihasilkan. Semoga akan lebih banyak hasil karya film dan gambar animasi yang bermutu yang dihasilkan oleh kawan-kawan kita dengan menggunakan Free and Open Source Software.

One response to this post.

  1. Posted by muhammad noval on October 17, 2009 at 8:36 pm

    wao keren banget tuh hasilnya hihihihi… kirain tadi blender buat hancurin es atau sirup hihihihihi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: