Tucan : Rapidshare, Deposit File, 4Shared, MegaUpload, etc.

Dari dulu, kalau mau mengunduh (download) file dari Rapidshare, DepositFile, FileFactor, dan kawan-kawan sejenisnya, sangat membosankan. Kalau file unduhannya cuma satu biji, itu gak masalah, biasanya langsung klik link yang ada, terus tunggu waktu unduhan dalam countdown, setelah itu baru bisa mengunduh.
Kalau mengunduh secara manual untuk banyak file, kita harus menunggu beberapa saat, sampai file yang diunduh selesai, setelah itu baru bisa mengunduh lagi.
Rapidshare dan kawan-kawannya itu akan memberikan fasilitas multiple download kalau sudah memiliki akun alias kita harus membayar dulu baru dapat fasilitas tersebut.
Nah untuk urusan bayar membayar ini memberatkan bagi sebagian orang, dan saya termasuk di dalam kategori tersebut.
Setelah keliling-keliling di rimba belantara google, saya akhirnya menemukan software unduhan yang sangat membantu sekali dalam proses unduh mengunduh. Tucan nama software tersebut. Software yang berjalan di tiga sistim operasi yaitu Linux, Macintosh dan Window$, bisa diambil secara gratis di situs resminya di sini atau untuk linux yang berbasis debian bisa di ambil di sini. Untuk cara yang praktis jika menggunakan Ubuntu (saya menggunakan ubuntu 9.10 Karmic Koala) atau BlankOn bisa langsung menggunakan Synaptic Package Manager atau langsung mengetik di terminal :

sudo apt-get install tucan
Proses penginstalan akan berlangsung sesuai dengan kecepatan koneksi internet anda. Jika telah selesai, Tucan bisa dipanggil dari menu Application===>Internet===>Tucan Manager.
Jika membuka Tucan untuk pertama kali, Tucan akan memberikan pilihan Service Configuration untuk kita centang. Saya mencentang semua hostingan.
Untuk mengkonfigurasi Tucan, bisa dilakukan dari menu View—>Preference.

Pada tab General Configuration di atas, ada 3 menu yang bisa dikonfigurasi. yang pertama, Choose Language, tetapi hanya 9 bahasa yang didukung. Jadi biarkan saja dalam posisi defaultnya yaitu Bahasa Inggris. Konfigurasi yang kedua adalah Max Simultaneous downloads, yang bisa di set maksimal sampai 20. Sedangkan Max download speed, silahkan diisi jika anda ingin membatasi kecapatan download. Konfigurasi yang ketiga yang Download Folder, yaitu pilihan dimana kita akan menyimpan file hasil download.
Pada tab Service Confguration, di sinilah kita bisa mencentang semua tempat hostingan (download maupun upload file). Pada listnya tercantum : 4shared.com, bodongo, depositfile, easy-share, filefactory, gigasize, hotfile, mediafire, megaupload, rapidshare, sendspace, zshare.
Pada tab Advanced Configuration, centang close to try, jadi Tucan akan berjalan pada systray jika kita mengklik tanda close.
Cara mengunduh file dari hostingan, sangat mudah. tinggal klik kanan link yang ada, pilih copy link location, kemudian klik Add download pada jendela Tucan kemudian pastekan link yang dicopy tadi pada jendela input links.
Klik tanda Check Links.
Tunggu beberapa saat, Tucan akan melakukan verifikasi link. Jika sudah ok, link yang telah kita pastekan akan berpindah ke kotak bawah.

Klik Add untuk memulai proses pengunduhan. Jika sukses akan terlihat seperti tangkapan layar di bawah ini.

3 responses to this post.

  1. Posted by http://elfahrybima.blogspot.com/ on November 5, 2009 at 7:03 pm

    Thanks info Penting Ini bro ?

    Reply

  2. Posted by Ruslan Haruna on December 29, 2009 at 12:28 am

    Informasinya bermanfaatThanks

    Reply

  3. >wah matur nuhun bro imputnya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: