Google Chrome Extension

Selama ini, saya sering mengandalkan Mozilla Firefox untuk melakukan browsing di internet, alasannya karena free software, handal, dan menurut analisa yang saya baca merupakan salah satu browser yang aman untuk digunakan. Alasan lainnya karena melimpahnya add-on yang sangat membantu dalam pekerjaan, juga buat hiburan dan bebas di unduh kapanpun.
Sejak mulai dirilisnya Google Chrome (GC), saya pun mulai mencicipinya dan saya sandingkan dengan Mozilla yang sudah dari dulu menemani. Menurut referensi, GC sangat ringan untuk digunakan. Meskipun dalam tahap pengembangan, browser yang satu ini menarik untuk digunakan, bahkan untuk versi 4.0.249.0 yang saya gunakan sekarang, sudah lumayan banyak Extension (seperti Add-On di mozilla).
Cara mengunduh Extension di GC sangat mudah, Klik tanda kunci pas yang yang berada di pojok kanan atas pada browser, kemudian klik extension.
Setelah itu akan muncul 1,101 extension yang terbagi dalam 10 extension tiap halamannya. Silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Saya mencoba menginstall Blog This yang berguna untuk memposting tulisan baru di blog hanya dengan mengklik tombolnya, IP address yang digunakan untuk melihat IP yang digunakan. Caranya menginstallnya??
Pilih salah satu extension yang diperlukan, tunggu beberapa saat sampai chrome berpindah halaman, kemudian klik install.

Pada Pojok Kiri bawah browser akan muncul jendela notifikasi yang memberitahukan apakah kita benar-benar mau menginstall extension yang ada. Kalau yakin, klik Continue.


Setelah itu akan muncul jendela konfirmasi. Klik Install.

Setelah proses penginstallan, Google Alert telah muncul ikonnya pada toolbar sebelah kanan dari Address Bar. Setelah itu, silahkan dicicipi.

Masih banyak kelemahan dari Google Chrome yang saya temui, salah satunya adalah jika saya menambah dan menyusun elemen halaman/menambah gadget pada blog saya, gadget yang baru tidak bisa disusun sesuai dengan keinginan (di drag). Sehingga untuk melakukan hal tersebut, saya tetap menggunakan browser Mozilla.
Mudah-mudahan hal ini cepat diperbaiki oleh developer Google Chrome.

2 responses to this post.

  1. Posted by elfahrybimantara* on January 4, 2010 at 2:31 pm

    emank enak pake GC ringan dan cepat. bisa di perkaya sendiri.

    Reply

  2. Posted by dani on January 9, 2010 at 10:37 am

    Sambil mengunggu GC stabil dan menemukan pengaya yang tepat, saya juga sedang mencari alasan untuk tidak memakai peramban Web firefox (fx) lagi. Jika belum stabil, fx masih akan setia menemani saya berselancar di Internet.🙂

    Reply

Leave a Reply

