Kita Harus Bangkit !!!

Perubahan, pergantian dan semua yang berkaitan dengan pasang surut dan naik turun merupakan sesuatu yang biasa dan harus kita sikapi dengan biasa. Tidak ada yang dapat bertahan terus menerus tanpa inovasi dan kreativitas. Saya menolak dan tidak menyetujui pendapat yang mengatakan bahwa perubahan adalah sesuatu yang abadi. Yang abadi hanyalah api.

Kemarinnya kemarin, terjadi diskusi menarik dengan teman2 dari berbagai kalangan dan latar belakang, dari aktivis politik, tokoh muda sape, kalangan pendidik, yang membahas tentang pergantian tampuk pimpinan di beberapa sekolah yang ada di Kecamatan Sape dan Lambu. Pembicaraan menjadi seru, karena ini menyangkut kebijakan Bupati Bima yang diambil pada akhir masa jabatannya, karena sebentar lagi akan ada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bima yang baru.

Yang khusus, pergantian itu juga ternyata terjadi pada SMKN 1 Bima, tempat dimana saya mengabdi dan bersemedi. Dari dulu kami mengharapkan “orang dalam” yang menjadi pemimpin, tetapi ada juga beberapa “orang luar” yang kinerjanya sudah kami ketahui dan sangat cocok untuk memimpin SMK.

Setelah pergantian itu, sekarang yang menduduki jabatan kepala SMKN 1 Bima adalah Drs. Muhammad Saleh, atau biasa di panggil Pak Sile, ada juga yang memanggil beliau yayang ile.
Mengembang amanah untuk memimpin pada kondisi sekarang merupakan sesuatu yang sangat berat, karena kualitas sekolah pada saat ini berada pada titik nadir. Banyak hal yang harus dibenahi dan perlu kebijakan baru. Yang perlu menjadi catatan bagi pemimpin baru sekarang dan perlu mendapat perhatian lebih :
  • Jumlah siswa/i yang menyusut yang disebabkan berbagai macam faktor seperti kurangnya sosialisasi tentang SMK, Kekuatan SMK, prospek SMK jika siswa/i-nya akan melanjutkan kuliah dan pada pasar kerja, daya dukung peralatan untuk kegiatan praktek dan lain sebagainya.
  • Membangkitkan kembali gairah kerja guru yang selama ini sudah sangat rendah. Supervisi harus terus menerus dilakukan. Di sini perlu adanya teguran, hukuman jika yang bersangkutan tidak menjalankan tugas dengan semestinya dan penghargaan jika mampu mengajar dengan baik.
  • Menata ulang sekolah termasuk penataan ruang kepala sekolah yang sudah hancur, penataan taman, pengecatan ulang dinding sekolah yang sudah kelihatan kumuh, memperbaiki segala fasilitas sekolah di antaranya wc sekolah yang mampet.
  • Menyambung kembali silaturahmi ke Dunia Usaha/Dunia Industri demi kelangsungan pendidikan SMK yang berbasis kompetensi kejuruan.
Hal di atas hanyalah catatan kecil , yang saya lihat dari cara pandang pribadi, tentunya masukan dari teman-teman lain sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan arah kebijakan sangat perlu.
Begitu banyak yang harus dibenahi memang,ini tidak bisa sim salabim, ini perlu tindakan dan kerja keras, jika perlu kita nginap dan begadang sekolah untuk mewujudkan ini. Kita harus bangkit setelah terpuruk sekian lama, predikat sebagai sekolah juara, sekolah yang paling disiplin, sekolah yang disegani, harus kita raih lagi, insya allah kami akan membantu dengan sekuat tenaga.
Bagaimana yayang ile, sanggup??

3 responses to this post.

  1. Posted by Iqbal on January 6, 2010 at 6:58 am

    Keren postingannya sa'e, semangat…Mada rau dari Mbojo^[Blog Kumpulan Tutorial Blogger]

    Reply

  2. Posted by olanuxer a.k.a sang ilalang a.k.a obeng on January 6, 2010 at 9:17 am

    thanks dah berkunjung iqbal

    Reply

  3. Posted by http://elfahrybima.blogspot.com/ on January 6, 2010 at 5:35 pm

    diblog saya (CATATAN PINGGIR JALAN) juga ada dikit tulisan terdedikasikan khusus buat Mr. Muhammad Shaleh. bos baru kita. prestasi terjun bebas kita sbg lembaga sungguh tragis. semua kita py andil pd keadaan itu dg porsi masing2. mencari kambing yg berwarna hitam bukan respon tepat. banyak kerjaan berat bt lokomotif kereta SMK khususnya, untuk membangun kembali puing2 runtuh. DISIPLINLAH yg dpt memberangkatkan sbuah lembaga pd prestasi tertinggi. dukungan segenap hati mengalir dari surabaya. salam bt bos baru. baru tau neh ada call name : yayang ile.(fahry)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: