OpenOffice Translator

Saya selalu menitipkan pesan, jangan menganggap remeh barang gratisan. Salah satu software gratisan yang tidak boleh di anggap kacangan yaitu Open Office.org (OOo) yaitu aplikasi perkantoran semacam Microsoft Office di Windows. Salah satu kehebatan dari OOo adalah tersedia di lintas paltform, jadi dapat berjalan pada Linux, Macintosh dan Windows. Biasanya setelah menginstal linux paket OOo akan langsung tersedia dan sudah siap untuk digunakan. Untuk platform di atas bisa di unduh di sini. Untuk versi Macintosh, saya tidak tau apakah sudah menjadi paket bawaan atau tidak, sebab saya tidak pernah membeli mesin Mac, gak cukup gaji saya untuk itu🙂.

Hal lain yang menyebabkan OOo hebat di mata saya, adalah banyaknya extensi (extension) yang dapat melengkapi kebutuhan tambahan kita dan dapat diunduh secara gratis.
Salah satu ekstensi yang coba saya kupas pada postingan ini adalah OOTranslator. Apa itu OO Translator? Yaitu ekstensi yang digunakan untuk melakukan translate dokumen yang kita miliki. OOTranslator sudah tersedia dalam banyak bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Cara menambahkan ekstensi pada OOO sangat mudah, dari menu Tools ====> Extension Manager. Setelah di klik akan muncul jendela baru Extension Manager.
Langkah berikutnya, Klik Get More Extension Online. Setelah itu dilakukan, maka web site OOo akan terbuka pada web browser default pada komputer atau laptop anda. Pada kotak search di web site tersebut ketik ooTranslator atau langsung di unduh di sini.
Klik Get it! Untuk mengunduhnya.
Kembali ke window Extension Manager, Klik tombol Add, kemudian cari di mana file OOTranslation disimpan setelah diunduh yang berekstensi .oxt kemudian klik ok.
Klik close untuk menutup jendela Extension Manager. Setelah itu restart OOo anda, untuk memunculkan OOTranslation.
Untuk mencoba melakukan terjemahan, siapkan dokumen yang memuat salah satu bahasa, yang didukung oleh OOTranslation saya membuka dokumen yang berbahasa Inggris yang ada di dalam hard disk komputer saya.
Untuk memulai menterjemahkan, klik Translator (jendela kecil setelah membuka OOo) atau pada menu Google Translate klik Translator yang akan dibarengi dengan munculnya jendela Translator
Saya memilih entire document, karena ingin menterjemahkan seluruh isi dokumen yang telah saya buka tadi. Pada Source Language, saya memilih English (dokumen saya menggunakan Bahasa Inggris), Target Language Saya pilih Bahasa Indonesia, karena saya ingin seluruh isi dokumen tadi diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Jika sudah klik Translate. Tunggu proses penterjemahan beberapa saat.
Perhatikan dokumen saya di atas, yang telah diterjemahkan seluruhnya ke dalam Bahasa Indonesia.

7 responses to this post.

  1. >pakek library java ya pak ?

    Reply

  2. >Thanks infonya pak, keep posting :D…[Tutorial Blogger]

    Reply

  3. >keren pak! tak coba dulu

    Reply

  4. >baru tau nih ada OOo.mau nyoba juga nih..tapi udah biasa pake microsoft office enakan mana ya?

    Reply

  5. >@ iqbal thanks alot bro@ Saujiro, coba deh pasti asyik@ Syifa Ahira, kalau saya enakan pakai OOo, sudah gratis dan asyik. Kalau yang Syifa gunakan Microsoft asli sih gak masalah, tapi kalau bajakan, nah…ini yang kita gak setuju

    Reply

  6. >keren mas🙂 harus di joba nich …

    Reply

Leave a Reply

