VMware Player, Senjata Baru Untuk Tester

Sudah 2 tahun (+-) Saya menjadi anggota tim bug and tester di proyek BlankOn. Untuk melakukan test jahitan harian yang berbentuk .iso yang di launching, Saya menggunakan masin virtual semacam Virtual Box. Tulisan Saya tentang Virtual Box bisa di baca di sini.
Demikian juga sekarang, saat BlankOn masih dikerjakan dengan nama kode Ombilin, Virtual Box merupakan senjata utama saya.
Tetapi memang salah, apabila seorang prajurit pada saat bertempur hanya memiliki satu senjata andalan dan ketika saat dipakai senjata andalan tersebut macet, bahaya terbunuh sudah di depan matađŸ™‚.
Kejadian tersebut sudah terjadi pada Saya. Entah kenapa, sekarang saat rilis jahitan harian, Virtual Box yang saya pakai tidak dapat bekerja dengan sempurna. Saya pikir ini cuma sementara saja. Tetapi setelah berulang kali jahitan harian di rilis, masih saja hal tersebut terjadi.
Lalu Saya teringat pada satu mesin virtual yang saya sering gunakan saat zaman jahiliah saat menggunakan Sistim Operasi Windows : VMware.

Saya mengunduh VMware Player versi linux di situs resminya di sini. Anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum mendapat respon link untuk donwload pada email. Saat ini tersedia versi VMware-Player-3.0.0-203739.i386.bundle
Untuk menginstall VMWare sebelumnya kita harus menginstall build-essential, linux-kernel-headers. Linux yang saya gunakan saat ini adalah Sabily dengan nama kode Gaza yang berbasis Ubuntu 9.10 Karmic Koala.
$ sudo aptitude install build-essential linux-kernel-headers
Masuk ke Folder dimana Anda menyimpan File hasil unduhan tadi. File unduhan VMware-Player-3.0.0-203739.i386.bundle, saya simpan di folder donwload. Lakukan penginstalan dengan mengetik:
$ gksudo bash ./VMware-Player-3.0.0-203739.i386.bundle

Klik tombol install pada pojok kanan bawah. Proses penginstalan akan terlihat seperti pada tangkapan layar di bawah ini. Kecepatan penginstalan tergantung pada kemampuan komputer yang Anda miliki.

Jika telah selesai, akan ada pemberitahuan pada instalasi telah sukses. Klik close untuk menutupnya.

Untuk membuka VMware player, dari menu Application==>System Tools==>VMware Player. Karena baru pertama kali dibuka, terlebih dahulu diminta persetujuan End User Licence Agreement (EULA), Klik accept untuk menerimanya.

Untuk memulai melakukan penginstalan, Klik Create a New Virtual Machine, kemudian akan muncul jendela New Virtual Machine Wizard.

Pada jendela tersebut, tersedia pilihan pengistalan, menggunakan Disc atau CD Rom atau menggunakan File .iso
Berikutnya tinggal mengikuti petunjuk yang sangat mudah pada VMware Player.
Untuk menguninstal VMware Player, dengan menggunakan perintah
$ sudo bash vmware-installer -u vmware-player

3 responses to this post.

  1. >keren pak olan makasih atas infonya

    Reply

  2. >Oh, pake EULA. Entah kenapa, semenjak hijrah ke Linux, aku suka merinding kalau ketemu software yang tiba-tiba menampilkan EULA saat instalasi~.~

    Reply

  3. Posted by rudi tua on July 11, 2012 at 7:53 am

    Terima kasih, akhirnya setelah 1 minggu pusing akhirnya blog ini yang membantu menyelesaikan untuk install VMware di Blankon Pattimura. Terima kasih gan.

    Reply

Leave a Reply

