PDFSHUFFLER: Merge, Split n Re-arrange Pdf

Ada proposal yang harus saya kirim dengan menggunakan format pdf. Awalnya saya bingung, bagaimana cara menggabungkan file-file pdf yang telah saya scan menggunakan Xsane, terutama untuk lembar pengesahan yang ditandatangi oleh Kepala Dinas dan Kepala Sekolah. Lembar judul, isi proposal sampai rencana anggaran biaya, bisa saya export langsung menggunakan openoffice.

Setelah cari di synaptic dengan mengetik kata kunci pdf, akhirnya saya menemukan apa yang saya cari untuk menggabungkan file pdf yang berserakan.
PDFSHUFFLER nama aplikasi tersebut. Tampilannya sangat sederhana dan mudah untuk digunakan. Betapa tidak ketika saya membuka aplikasi tersebut hanya memiliki 4 button, yaitu Quit, Delete Page(s), import pdf dan export pdf.


Cara penggunaannya sangat gampang. Saya mengimpor file proposal yang berformat pdf dengan menggunakan button import pdf pada pdfshuffler. Lembar pengesahan dan tanda tangan kepala sekolah pada penutup proposal tidak tercantum. Perhatikan tangkapan layar di bawah ini. File pdf saya hanya berisi 8 halaman.


Kemudian file yang saya ingin merge saya import lagi (lembar pengesahan dan tanda tangan kepala sekolah). Setelah itu tinggal tempatkan file yang ingin di merge pada posisi yang kita kehendaki dengan cara drag n drop.
Jika sudah klik tombol ekport pdf. Beri nama dan lihat hasilnya!


Leave a Reply

