Pelatihan Membuat Blog di SMAN 1 Belo

Tugas guru, tidak hanya memberikan pencerahan di dalam kelas dengan memberikan materi pelajaran berhadapan langsung dengan siswa/siswinya. Metode Pencerahan untuk mencerdaskan anak bangsa tidak melulu melalui bahasa lisan, tetapi juga guru perlu, memberikan materi secara online yang bisa dibaca oleh semua orang yang memerlukan ilmu pengetahuan. Guru juga perlu menuangkan ide dan pemikirannya melalui tulisan dengan memanfaatkan sarana teknologi informasi yang mulai berkembang pesat di Bima saat ini.

Berawal dari kegelisahan pribadi, kemudian terus menerus memprovokatori teman-teman untuk membuat dan menulis di blog, kemudian terciptalah beberapa blog dari sahabat-sahabat yang mengamini, bahwa blog merupakan salah satu cara untuk menunjukkan eksistensi diri di dunia perinternetan, memang tidak seperti munculnya rumput ilalang di musim hujan, tetapi sedikit bukan berarti tidak dapat berbuat lebih. Blognya Pak Didi dan Pak Budiaman guru SMAN 1 Sape, Blognya Fitrah, sekarang mengabdi di Sekda Kota Bima, Blognya Bang Dylla yang penyair sekaligus staf di Dinas Dikpora Kab. Bima, Blognya Edy dan Deden (keduanya mahasiswa magang di SMKN 1 Bima), Blognya Anjas yang masih kelas 2 di SMAN 1 Sape, Blognya Usman D. Ganggang, penyair dan juga guru di SMAN 3 Kota Bima. Kemudian Blognya Mashuri yang terprovokatori tulisan saya yang pernah saya tulis dan bisa kembali di baca di sini.
Kegelisahan terus berlanjut dan muncul reaksi, beberapa kawan guru di SMAN 1 Belo sedikit saya “ancam” untuk menunjukkan eksistensi di blog. Setelah saling memberikan informasi kegiatan masing-masing untuk mencari waktu luang, akhirnya disepakati waktu untuk saya turun gunung dan sharing tentang bagaimana cara membuat dan menulis di blog.

Tanggal 15 Mei 2010, pagi-pagi saya berangkat menuju Cenggu, meskipun cuaca hujan, tetapi saya berusaha tiba di sana tepat waktu. Itu baru hujan, bahkan sejuta topan badaipun tetap akan saya hadapi (yang ini sih lebay :D). Setelah sampai, setting radio wireless untuk hotspot di dalam ruangan dengan dibantu oleh Deden dan Zuken (mahawiswa D3 TKJ Jardiknas).

Acara berlangsung dengan santai, sambil lesehan dan berbekal laptop para guru di SMAN 1 Belo menikmati materi tentang pengenalan dan fungsi blog. Secara khusus, materi yang saya sharing yaitu, membuat akun blog di blogspot, mengganti template, menambah widget atau edit java script, membuat read more dan mendaftarkan blog di search engine. Dari berbagai materi di atas, muncul berbagai pertanyaan yang membuat suasana semakin asyik, hangat dan ramai. Meski beberapa kali terganggu karena listrik padam di Dinas Dikpora, yang berarti server dan radio wireless tewas, kalau sudah begini otomatis internet yang ada di Kabupaten Bima akan terganggu.
Mengapa bukan wordpress atau blogdetik, atau multiply atau yang lainnya??. Alasan khusus mengapa saya menggunakan Blogspot karena kemudahan (menurut versi saya), dan juga karena saya sudah memiliki pengalaman dalam menggunakan fitur-fitur yang ada di blogspot.

Waktu memang bergulir cepat, tidak terasa hari sudah semakin sore. Meskipun belum tuntas, Kegiatan ngeblog ditutup dan dilanjutkan makan sore bersama di kediaman Pak Ramiaji. Tentu ada pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh teman-teman guru di SMAN 1 Belo, yaitu mengisi blognya masing-masing dengan tulisan-tulisan yang memberikan pencerahan untuk semua orang yang membacanya!.


Selamat, telah menjadi blogger🙂

7 responses to this post.

  1. wah mantap dah moga2 bloggernya bertambah😦 pai ese mbojo mada kalau batu😀 tapi sayang mbui aka dana jawa =)) sukses terus om oland😀 gaya background Laptop kamane…bale ja bu ruu dou malang ke ni😀

    Reply

  2. pai wara ente, kau tana'o SEO aka ente re…he..he. background laptop ana weli wunga lampa2 aka surabaya, di hitech mall :Dde caru blog lintas mbojo kamane, bou wali edaku re ni

    Reply

  3. makasi p olan,…. berkt ilmu dr p olan sy bs ngeblog ( msh bljr seh…), paling engga' sy udah bisa ganti template, membuat read more, cboks dll. kapan neh mw turun gunung lagi ..hehehe…

    Reply

  4. great…! pejuang blogger sejati. Sebaik-baiknya manusia, yaitu yg bermanfaat buat org lain. Salam blogger !

    Reply

  5. @ Bu atun, kalau ada waktu saya akan ke cenggu lagi.@ gaelby thanks berat coyyy

    Reply

  6. saya senang dgn kegiatan semacam ini, kpn2 qt undangan lg, skrg saya lis dulu permasalahanx. Gmn bos…? ok

    Reply

  7. >wah, great Pak Olan!Semoga bisa menjadi media self-actualization bagi teman2 di Bima. dan tentu saja saya dan teman2 disni akan semakin mendengar kabar yg beragam tentang "what's goin on in dana mbojo" tercinta.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: