>Coooy, Akhirnya Aku Menang (Persembahan kepada Para Developer BlankOn)

>

Setiap ada lomba menulis di blog, saya berusaha untuk selalu mengikutinya. Bukan karena beragam hadiah dan penghargaan yang diberikan yang membuat saya melakukannya (Tetapi seandaianya menjadi pemenang, gak nolak lah!), tetapi lebih kepada ingin mengasah tulisan sesuai dengan koridor yang telah ditentukan oleh pembuat lomba. Rambu sudah ditetapkan dan kita harus tetap berada pada jalur yang telah ditentukan. Itulah yang sangat menarik.

Sudah 3 kali ikut lomba menulis. Pengalaman pertama waktu menulis untuk Pertamina yang bisa dibaca di sini, terus mengikuti lomba menulis tentang lingkungan yang bisa dibaca di sini, dan terakhir (sampai detik ini) mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Universitas Ma Chung Malang tentang Hari Kebangkitan Nasional yang bisa dibaca di sini, di sana, dan di situ.

Mencari inspirasi yang pas sesuai dengan kriteria lomba merupakan sesuatu yang sangat menantang, bikin gemes, bikin badan meriang, disertai flu dan bersin-bersin serta bisa menguras pikiran. Hal yang sering saya untuk menunggu ide dari langit adalah dengan membaca referensi, kongkow dengan teman-teman blogger lainnya, menonton berita di televisi atau jalan-jalan dan refreshing di pantai.

Kata Pak Usman D. Ganggang, teman saya yang sangat jago menulis, yang tulisannya tersebar diberbagai surat kabar, inspirasi akan datang dengan sendirinya jika kita sudah sering menulis tentang berbagai masalah. Kepekaan seketika muncul dan tangan akan bergerak sendiri untuk memencet tuts keyboard sehingga menghasilkan huruf, kata dan rimbun kalimat.
Hal itu sangat menginspirasi saya untuk melakukannya. Maka dari itu, oleh sebab itu dan karena itulah saya berusaha untuk menulis. Bagus dan jelek, Benar dan tidaknya tata kalimat, urusan terakhir. Yang penting tulis!.

Pada ajang lomba Machung Blog Competition 2010 dengan tema Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan, saya menulis tiga buah artikel tentang rasa nasionalisme dalam diri saya.

Dengan Sepeda Kami Melalui Negeri Ini.

Merupakan judul postingan saya untuk kompetisi blog Ma Chung yang bercerita tentang pengalaman pribadi saat bersepeda dengan tamu bule wanita asal negeri Belanda, saat mengantarkan mereka berkeliling mengunjungi desa-desa di daerah saya.

Indonesiakan Raya!.
Postingan saya yang kedua untuk mengikuti Blog Ma Chung Competition, yang bercerita tentang keprihatinan saya dengan ambuardulnya keadaaan negeri ini.

Bangkit Dengan Tidak Membajak (Sebuah Refleksi).
Tulisan ketiga yang membahas tentang keprihatinan saya akan pengggunaan software bajakan di dunia pendidikan, sehingga mamacu saya untuk mengenalkan Free and Open Source Software (FOSS) terutama BlankOn Linux kepada siswa/i di berbagai sekolah yang ada di Kota dan Kabupaten Bima, serta penghargaan tertinggi dari saya untuk para pengembang BlankOn Linux yang bekerja siang malam dengan ikhlas untuk menghasilkan distro linux sesuai kebutuhan rakyat Indonesia.

Untuk Para Developer BlankOn

Pada akhirnya, Kisah ini ditutup dengan manis. Tulisan saya Bangkit dengan Tidak Membajak (Sebuah Refleksi) mendapat penghargaan sebagai Primus Winner dan Indonesiakan Raya! mendapat penghargaan sebagai Still Winner. Selengkapnya di sini.

Terima kasih kepada kawan-kawan yang telah memanjatkan do’a, sehingga membuka mata batin para penilai lomba yang sudah menilai, bahwa tulisan saya berjalan sesuai dengan koridor yang telah mereka tetapkan.

Salam Hangat!

8 responses to this post.

  1. >Alhamdulillah.. selamat mas..saya juga dapat yang sekundus winner mas.. sampai jumpa di ma chung university,,,

    Reply

  2. >Selamat telah menjadi primus winner!

    Reply

  3. >@ saidalhady, terima kasih dan selamat juga buatmu@ yansdalamjeda, terima kasih atas perhatiannya

    Reply

  4. >selamat pak………….saya turut senang atas keberhasilan bapak!!!!

    Reply

  5. >Congrats buat Pak Olan, selamat untuk kemenganannya Pak,,,*nungguundanganmakan2*

    Reply

  6. >selamat-selamat, jadi still winner sudah cukupu menyenangkan bagi saya, karena baru pertama ikut kompetisi beginian. Tapi emang bener bikin meriang hehehe *lebay

    Reply

  7. >Makasih Om sudah add blog saya

    Reply

Leave a Reply

