>Konferensi BlankOn Linux (BlanKonf) II

>

BlanKonf adalah konferensi tahunan yang diadakan pengembang, pengguna, dan pemasar sistem operasi Linux BlankOn. Konferensi ini meliputi penyajian presentasi, diskusi dan kegiatan teknis seputar pengembangan, penggunaan dan pemasaran Linux BlankOn.

Presentasi mencakup pengembangan yang sedang dilakukan Tim BlankOn, visi, misi dan strategi BlankOn masa depan, dan kisah sukses penggunaan BlankOn. Penyaji presentasi beragam mulai dari kalangan pengembang hingga pemerintahan dan perusahaan.

Selain itu, pihak-pihak yang berminat memengaruhi perkembangan Linux BlankOn juga dapat memanfaatkan konferensi ini untuk menyampaikan hal-hal yang ingin diimplementasikan dalam proyek BlankOn berikutnya.

Tujuan utama BlanKonf yaitu :Menjadi ajang temu pengembang, pemasar, dan pengguna BlankOn.Membahas fitur-fitur Linux BlankOn selanjutnya.Membahas peluang-peluang usaha bersama kemitraan BlankOn.

Setelah sukses terselenggara di Bogor tahun 2009, tahun ini Konferensi BlankOn Kedua (BlanKonf 2010) akan diselenggarakan di Surabaya. Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas BlankOn bekerjasama dengan KLAS (Kelompok Linux Arek Suroboyo) akan mengadakan BlanKonf 2010 di Universitas Surabaya selama 2 hari pada tanggal 31 Juli dan 1 Agustus 2010. BlanKonf tahun ini akan istimewa karena selain menjadi acara peluncuran akbar Linux BlankOn versi terbaru 6.0 dengan kode rilis Ombilin yang dijadwalkan rilis pada 5 Juli 2010, BlanKonf 2010 juga akan menjadi ajang pertemuan untuk mempelajari peluang atau memulai pengembangan bisnis bersama BlankOn.

Sebanyak total 15 acara akan disajikan yang terdiri dari 5 presentasi utama, 5 presentasi diskusi serta 5 tutorial. Dua hari pelaksanaan BlanKonf akan diisi presentasi-presentasi utama dengan dua topik besar, yaitu BlankOn sebagai Proyek Pengembangan Open Source Software dan BlankOn sebagai Model Bisnis Open Source Software.

Hari pertama Endy Chandra, seorang arsitek perangkat lunak asal Bandung akan menyajikan strategi-strategi pengembangan bisnis BlankOn melalui koperasi dilanjutkan Ahmad Haris Staf Teknis TI dari Banda Aceh akan menyajikan Implementasi BlankOn Pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Sedangkan hari kedua Akhmat Safrudin, salah seorang senior hacker BlankOn, akan menyajikan topik BlankOn sebagai sebuah gerakan Open Source dan Rahman Yusri Aftian seorang wiraswasta, EDP sekaligus pengajar asal Gresik, akan membahas tentang target-target yang akan dicapai pada rilis BlankOn berikutnya.

Pada 10 Pebruari 2010, YPLI telah merilis Kerjasama Bisnis BlankOn yang sebagian telah dijalankan bersama dengan beberapa perusahaan di Indonesia. Berkaitan dengan itu, Rusmanto Maryanto, Ketua Pengurus YPLI sekaligus seorang penulis senior akan memaparkan bentuk-bentuk kerjasama bisnis BlankOn termasuk yang telah berjalan pada BlanKonf 2010 nanti.

Presentasi, diskusi dan tutorial lainnya memiliki tema yang beragam dan sangat menarik untuk diikuti bagi siapapun termasuk bagi pengguna, pemerhati, pengembang ataupun pengusaha teknologi informasi dan tidak terbatas pula bagi pemula ataupun yang sudah berpengalaman.

Untuk pendaftaran sebagai peserta bisa mengikuti tautan di sini

4 responses to this post.

  1. >met siang. lam kenal juga. tks dah mampir ke blgoku

    Reply

  2. >maaf neh mampir doang…

    Reply

  3. >salam kenal…

    Reply

  4. nice info nih,thx

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: