>Road Show FOSS Untuk Kepala Sekolah dan Guru

>

Tanggal 30 September 2010, di Gedung Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah berlangsung kegiatan yang maha penting. Kegiatan tersebut diberi nama Road Show Free and Open Sources Software (FOSS). Kegiatan yang didanai oleh Pustekkom, mengambil tempat di lantai 2 di Gedung Dikpora yang dihadiri oleh Para Kepala Sekolah dan staff teknis di bidang TI dari beberapa sekolah yang ada di Pemerintahan Kota Mataram.
Kegiatan seperti ini, merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Provinsi NTB. Waktu yang sangat tepat karena pada bulan Oktober ini, akan dilaksanakan migrasi FOSS di Pemerintahan Provinsi dan di Pemkab Sumbawa.
Kegiatan bisa dibilang berlangsung dengan sukses walaupun memiliki beberapa kekurangan, seperti panitia lokal yang belum sepenuhnya paham maksud dari kegiatan seperti ini, sehingga pada saat mengundang peserta tidak spesifik menyebutkan syarat-syarat mengikuti kegiatan. Tetapi hal tersebut tidak menjadi kendala berarti mengingat acara sejenis ini belum pernah dilakukan sebelumnya.
Acara yang diselenggarakan pada Hari Kamis, dimulai tepat pukul 8.30 (waktu setempat) dibuka oleh pejabat Kepala Dinas Dikpora yang memberikan beberapa kata sambutan tentang pelaksaanaan dan tujuan kegiatan sekaligus memberikan ucapan selamat datang kepada Crew Kaipang Linux NTB yang datang dari berbagai kabupaten di NTB.
Materi Pertama dibawakan oleh Pak Widjaja B. Kusuma (dari GudangLinux) yang mewakili AOSI (Assoiasi OPen Source Indonesia) dengan isi materi tentang pengenalan Free and OPen Source Software. Pembahasan secara umum tentang apa itu FOSS, kelebihan jika menggunakan FOSS dan lain-lain.

Materi ke dua, saya bawakan sendiri (saya mewakili Kabupaten Bima). Materi yang saya bawakan, tentang linux secara umum dan sedikit tentang OpenOffice. Seharusnya berdasarkan materi dari Pak Rus yang akan saya sampaikan, membahas lebih dalam tentang OPenOffice Writer, Calc dan Presentasion. Tetapi hal ini tidak bisa saya laksanakan, karena waktu sebagian besar digunakan untuk membahas tentang linux BlankOn. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan peserta tentang dasar-dasar penginstalan, partisi, dan hal-hal yang sangat dasar lainnya. Karena linux merupakan hal yang sangat baru bagi para peserta.
Setelah makan siang, acara dilanjutkan kembali. Pada sesi ini dibawakan oleh Farhan Perdana a.k.a Black Claw (mewakili Dompu) dan PIko (mewakili Mataram). Materi yang dibawakan mengenai penggunaan aplikasi grafis Inkscape dan GIMP.
Demo-demo tentang penggunaan kedua tools tersebut dilakukan secara detail dengan gaya khas om black. Ke dua orang ini merupakan andalan Kaipang Linux NTB untuk masalah grafis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: