>Migrasi Open Source Software Pemkab Sumbawa

>

Gerakan Open Source Software (OSS), sudah merambah ke seluruh penjuru tanah air. Tidak terkecuali di Pemerintah Kabupaten Sumbawa (NTB). Lima hari KPLI NTB sebagai perwakilan komunitas linux yang ada di NTB, digandeng oleh Ardelindo untuk membackup proses migrasi. Sedangkan dari pemerintah pusat diwakili oleh Kementerian Riset dan Teknologi (RISTEK).

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Sumbawa. Hadir pada acara tersebut para pejabat teras pemerintahan Kabupaten Sumbawa, Seperti Para kepala dinas, Kapolres, singkatnya semua unsur muspida menyaksikan hari yang sangat bersejarah itu.
Hari pertama, diisi sambutan-sambutan dari Bupati, perwakilan dari Ristek dan Perwakilan dari kantor Pajak.

Sambutan dari Kepala Dinas Perhubungan

Sambutan dari Kementerian Ristek yang diwakili oleh Mbak Yeni

unsur-unsur Muspida

Aksi dimulai. Peserta diminta untuk mengidentifikasi masing-masing laptop atau komputer yang akan dimigrasikan dan menulis pada form cetak yang telah disediakan. DVD Ubuntu SuperOS dibagikan kepada seluruh peserta yang berjumlah 60 orang (ini menjadi catatan tersendiri, yang diundang sebenarnya hanya 50 orang, tetapi karena antusiasnya, peserta membludak menjadi 60 orang). Setelah mengisi spesifikasi hardware, acara dilanjutkan menginstalasi linux yang dipandu oleh Pak Hasan dari Ardelindo.

Brain Washing tentang OSS

Para Peserta

Materi Desktop Linux Ubuntu oleh Pak Hasan


Rabu, 12 Oktober 2010
Materi migrasi pada hari ini yaitu pengenalan desktop linux, mulai dari pengenalan aplikasi-aplikasi yang tersedia pada Ubuntu, pengenalan manajemen file di Nautilus, pengenalan desktop efek (Compiz), install dan setting printer, serta pengenalan aplikasi grafis GIMP. Tidak hanya itu, pertanyaan-pertanyaan dari para peserta membuat materi ini menjadi semakin meluas pembahasannya.


Desktop Ubuntu lanjutan

Membuat User baru di Ubuntu

Remote Desktop, pembahasan muncul karena ada pertanyaan dari peserta

Ramiaji dengan materi Install Printer

Black dengan Materi The GIMP

Kamis, 13 Oktober 2010

Pada hari ini materi dibagi menjadi dua yaitu aplikasi perkantoran OpenOffice. Mulai dari writer, calc, dan Presentation untuk pengguna biasa dan materi admin yang ditujukan untuk helpdesk pada saat implementasi migrasi pada masing-masing SKPD yang ada di Pemkab Sumbawa.

OpenOffice Writer oleh Pak Hasan

OpenOffice Calc oleh Pak Ramiaji

Menginstall Paket Deb Offline untuk kelas Admin

Melanjutkan pembahasan pada Hari kamis yang belum tuntas. Pada hari ini kebanyak berisi tanya jawab serta tips-tips penanganan jika terjadi masalah pada linux.
Di samping kegiatan resmi, ada juga kegiatan tidak resmi yaitu, KPLI NTB menyediakan waktu untuk klinik Linux yang dilaksakan di kamar hotel pada malam hari.
Ngoprek di kamar hotel

Klinik di Kamar Hotel

One response to this post.

  1. >PERTAMAX…, eh sekedar mampir untuk mencolek yang punya blog😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: