Di Titik Ini Kita Bertemu

Ketupang (Ketua Kaipang) nama lain dari Ketua KPLI NTB bersabda di milis internal KPLI, bahwa perlu dilakukan pertemuan akbar anggota Kaipang Linux di seluruh NTB. Saya merespon dengan mengajukan lokasi tempat pertemuannya di Sumbawa Besar. Diskusipun berlanjut, dan semua menyetujui tempat yang saya usulkan.

Biasanya anggota Kaipang melakukan kopdar lokasinya selalu di Mataram, tepatnya di Berugak Seven Wonder milik Pak Ajoeh yang juga merupakan punggawa Kaipang. Biasanya juga, kopdar dilaksanakan jika kami yang dari Pulau Sumbawa ada acara di Mataram atau ada kegiatan penting dimana Kaipang terlibat di dalamnya.

Salah satu alasan kenapa Saya mengusulkan Sumbawa Besar dijadikan tempat pertemuan akbar karena Kabupaten ini terletak di tengah-tengah Provinsi NTB, Jadi Kaipang dari Mataram dan Dompu serta Bima, akan menempuh perjalanan relativ sama untuk mencapai lokasi. Alasan lainnya adalah Sumbawa Besar memiliki keterikatan sejarah yang manis dengan anggota Kaipang, karena beberapa waktu yang lalu, kami melaksanakan pelatihan Migrasi FOSS bagi SKPD yang ada di Kabupaten tersebut. Postingan saya tentang Migrasi bisa dibaca di sini.

Jumat pagi saya berangkat, menjemput Pak Ramiaji di Cenggu, setelah itu kami sama-sama menuju Dompu untuk menjemput Black dan Ukang. Tetapi sebelumnya kami mampir dulu di Sila untuk menjemput LiyanOZ. Tiba di Dompu waktu sudah mendekati waktu Sholat Jumat. Akhirnya diputuskan untuk sholat Jumat di masjid yang ada di depan rumahnya Ukang. Usai sholat kami telah disediakan oleh ibunya Ukang makan siang yang sedap. Lumayan mengisi perut dan bekal untuk perjalanan panjang ke Sumbawa Besar.

Pukul 13.30 WITA, kami memulai perjalanan. Jalan yang dilalui sebagian besar rusak parah. Untuk mencapai Sumbawa sekarang dibutuhkan waktu lebih kurang 9 jam. Ini sangat berbeda saat kami melakukan perjalanan beberapa waktu yang lalu dimana waktu yang ditempuh untuk mencapai lokasi hanya 6 jam-an. Karena rusak parahnya kondisi Jalan raya, Kecepatan Motor yang bisa degeber hanya sekitar 40 Km/jam.

Tiba di Sumbawa Besar sekitar jam 21.30 WITA, kami langsung menuju ke Kampus AMIKOM Sumbawa. D sana telah menunggu Pak Syafril, Pak Dony dan beberapa dosen dari AMIKOM serta beberapa mahasiswa dan mahasiswi. Diskusi sebentar tentang acara yang akan dilaksanakan keesokan harinya, setelah itu langsung menuju salah satu hotel yang murah meriah untuk istirahat.

Pagi pukul 09.00 WITA keesokan harinya, beberapa anggota bergerak menuju SMKN 1 Sumbawa untuk memberikan pelatihan dasar-dasar linux kepada Guru-guru dan Siswa. Pak Ramiaji, Ukang dan Liyan menjadi pemateri dan pemandu acara. Saya dan Blek menuju ke Kampus AMIKOM untuk memberikan materi dasar-dasar linux kepada mahasiswa/i AMIKOM Sumbawa.

Siang, saat acara berlangsung, rekan-rekan Kaipang dari Mataram tiba di Kampus AMIKOM, setelah melihat acara, kemudian saya antarkan menuju hotel dimana kami menginap sebelumnya. Terlihat wajah lelah mereka, Ketupang tidak pada kondisi maksimal karena salah satu matanya merah dan bengkak.

Hari Minggu, sebelum penutupan kegiatan, Sapto memberikan materi Pelatihan tentang Program Java kepada mahasiswa/i AMIKOM. Materi yang sangat menarik tentang cara membuat Kamus Sumbawa-Indonesia, Indonesia-Sumbawa untuk HandPhone.

2 responses to this post.

  1. Wahh.. Makasih Info nya kk ^_^

    Reply

  2. Ass..Bagai Mana Cara Daftar Jadi Anggota/ bergabung KPLIterimakasih kak…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: