Mencoba JoliCloud

Saya baru mencoba Netbook Merk Toshiba Seri NB520. Searching di Google untuk mencari Linux yang cocok dipasangkan di Netbook ini. Memang BlankOn dan Ubuntu menjadi andalan saya jika menginstall Sistim Operasi pada Komputer atau Laptop, tetapi saya ingin mencoba Distro lain yang belum pernah sama sekali saya test. Pada daftar distro untuk netbook yang saya dapatkan JoliCloud merupakan salah satu distro yang direkomendasikan.
Saya menuju situsnya JoliCloud untuk mengunduh. Biasanya File *.iso yang saya unduh, tetapi saya mau mencoba versi lain yaitu JoliCloud Installer (.exe) versi 1.2 semacam wubinya JoliCloud, yang bisa diinstallkan langsung dari Sistim Operasi Windows. Versi 1.2 yang saya unduh berbasis ubuntu Lucid Lynx. Setelah proses penginstallan yang sangat gampang, tampilan pertama JoliCloud bikin bingung. Memang Si JoliCLoud ini sangat berbeda tampilannya dibandingkan dengan Linux yang pernah saya coba.
Kekurangannya, Saya harus menyambungkan ke internet untuk masuk atau login pertama kali. Untuk Login, diperlukan proses pendaftaran bisa dengan mengisi form atau dengan memasukan akun Facebook yang sudah terintegrasi langsung saat proses login.

Tampilan setelah login bisa dilihat pada tangkapan layar di bawah ini :

Tampilan JoliCloud memang lumayan menarik, tetapi untuk penginstalan dengan menggunakan JoliCloudInstaller.exe, tidak tersedia paket OpenOffice, artinya paket-paket tersebut harus diinstallkan dengan menggunakan Synaptic Package Manager. 

3 responses to this post.

  1. sudah lama sy tdk mainan JoliCloud🙂

    Reply

  2. Saya pakai JoliCloud sekitar 1tahun yang lalu ketika menggunakan laptop HP mini! dulu tidak ada login melalui internet pak..sekarang kok jadi ribet si joli. Tapi secara tampilan cukup bagus.

    Reply

  3. Bagus Juga artikel ini membahas tentang Linux, komentar juga ya di blog saya http://www.indojobfair.com

    Reply

Leave a Reply

