Akhirnya Bisa Konak

Sudah 1 minggu saya dibuat penasaran saat melakukan setting internet di SMAN 1 Sape. Setelah Radio Wireless yang di pasang 6 tahun yang lalu rusak, Pihak SMAN 1 Sape melakukan upgrade alat wireless setelah menghubungi saya.
Saya membeli Radio Wireless Nano Station dari salah satu toko yang biasa saya langganani. Setelah menyesuaikan kondisi setttingan alat dengan jaringan ICT Center Kabupaten Bima, Saya menempatkan posisi Radio menghadap SMKN 1 Bima, karena di sanalah Antene Omni Directional diletakkan untuk membagi bandwith pada tiap-tiap sekolah yang membutuhkan.
Tetapi anehnya setelah saya melakukan scanning, access Point terdeteksi, padahal Jarak udara  antara SMAN 1 Bima dengan SMKN 1 Bima hanya sekitar 3 KM.
Bertambah aneh ketika, sinyal radio yang tidak diketahui identitasnya, terdeteksi dengan baik. Berbagai macam cara sudah saya coba dengan mengutak atik bagian Rate Alogaritmh dan Antenna Settings. termasuk juga dengan menaikkan jarak ke angka yang lebih besar. Tetapi hasilnya tetap nihil.
Saking penasarannya, saya menurunkan si Nano  dan membawanya langsung ke SMKN 1 Bima untuk saya hadapkan langsung dengan Access Point pada tower. Tetapi hasilnya masih tetap sama: Nihil.
Berpikir sejenak, saya lalu mencoba mengupgrade firmware pada radio tersebut. Saya langsung mengungjungi website resminya di sini, kemudian saya menyesuaikan firmware yang cocok dengan seri Nano Station yang saya beli.
upgrade firmware
Proses upgrade mulai saya lakukan. Setelah masuk ke IP Address Nano Station, kemudian masuk ke tab System, selanjutnya saya klik upgrade dan memilih file firmware terbaru yang saya download.
proses berjalan dan….eh ternyata hasilnya masih sama saja. Kutukupret…
Saya mencoba melakukan reset ulang sesuai dengan bawaan pabrik, setelah itu saya setting ulang lagi…scanning…prosesss…Huffff….. huffff……hopla, wireless acces point terdeteksi dengan baik.
Dikesunyian sekolah (saya meloncat kegirangan) -saat saya melakukan otak-atik setelah jam pulang-
dan saya merayakan keberhasilan ini sendirian dengan segelas kopi yang sudah dingin dan telah selesai saya tenggakkan..
signal strength setelah konek

One response to this post.

  1. Judulnya provokatif banget…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: