Kampus Birding Sape

saya menyebutnya kampus, sebagaimana layaknya kampus adalah tempat menimba ilmu, di sini salah satu saya juga menimba ilmu photograpy.
tidak ada dosen, lcd proyektor atau kursi dan meja. Yang tersedia di sini, rumput, komunitas ilalang, air, ikan dan segerombolan burung-burung sebagai pemangsanya. 
Saya benar-benar belajar di sini. Mengamati tingkah laku mereka sangat mengasyikkan. Bagaimana mereka bercanda, menangkap ikan dan bersosialisasi dengan mengeluarkan suara-suara ajaib untuk berkomunikasi dengan yang lainnya. Takjub!!!

Banyak sekali genre fotografi. Ada yang suka motret model2 cantik, human Interest, landscape, makro, birding, dan masih banyak lagi yang lainnya. milih yang mana?, terserah sih. Tergantung sama si pemotretnya, mau mendalami salah satunya atau ambil semuanya🙂.
Saat ini saya menekuni Ilmu Birding (spesialis motret burung), karena lensa yang saya punya memang sangat mendukung untuk kegiatan itu. Tele Zoom Minolta APO 100-300 mm, sebagai senjata andalan saya untuk menekuni ilmu ini. pernah juga mencoba makro setelah dipinjami oleh mas yudi lensa spesial makro.
motret makro dan birding menurut saya sangat menguras energi, emosi dan melatih kesabaran. Jadi kalau anda suka emosi, cobalah menekuni genre foto yang ini, dijamin ini terapi yang sangat ampuh untuk mengurangi kadar emosi anda.
Saya belum berani menekuni motret model2 cantik karena takutnya emosi tambah naik : emosi pingin meluk modelnya, hiks!!. Kalo begini kan repot.
Untuk berinteraksi dengan komunitas burung, perlu kesabaran yang lebih, perlu ketelatenan. Karena untuk bisa lebih dekat dengan mereka tidak boleh terburu2 untuk melangkah mendekat dan membidik. Butuh waktu dan proses, posisi pun harus diatur, tidak boleh saat berdiri,lalu tiba2 kita mengambil posisi jongkok, karena hal itu akan mengagetkan mereka dan pastinya kalau kaget mereka akan terbang menjauh.
Saya selalu mengingat berapa lama waktu untuk berinteraksi. Saya bisa berdiri mematung 30an menit atau sampai berjam-jam, kemudian melangkah satu atau dua langkat mendekatkan diri, kemudian mematung lagi. begitu seterusnya sampai benar-benar bisa mengambil jarak terdekat dari gerombolan burung-burung yang ingin saya bidik. Saya juga harus punya feeling kira-kira burung mana yang akan terbang diantara gerombolannya, sehingga bisa diambil moment yang sangat bagus saat itu terjadi.
Saya sangat suka momen, saat burung-burung mengepakkan sayap, saat takeoff atau landing, apalagi settingan zoom dan fokus sudah benar2 tepat untuk melukis momen itu. Rasa puas tidak terkira dan tidak bisa tergantikan oleh apapun, kecuali tergantikan oleh lensa carl zeiss 400 mm, hiks…hiks..!!.
Saya berharap ada suatu moment yang sangat langka yang bisa saya ambil suatu saat. Saya ingin sekali mendapati momen seperti Induk burung yang sedang memberi makan anak-anaknya atau elang yang sedang membawa makanan di cengkeraman tangannya, atau mungkin momen2 lain yang bisa diabadikan.
Saya menyebutnya kampus, karena di sini memang tempat saya belajar, belajar sesuatu yang baru, ilmu baru, menghapus egoisme kehidupan saya sebagai manusia yang serakah ingin mendapatkan dan menguasai segalanya.

2 responses to this post.

  1. Kampus Pak Olan sangat keren. Ingin rasanya bisa bergabung ke sana utk sama-sama belajar. Belajar mengenal dan menghargai alam. Btw, saya jadi pengen beli lensa tele juga ini.

    Reply

  2. setalah aku baca2, postingan2nya sangat bagus, menarik dan bermanfaat,,terus menulis,,karena dengan menulis kita bisa mengembangkan imajinasi kita dan menjadikan kita lebih kretaif..serta kadang bisa menghibur orang lain.. ^_^oia salam kenalkalau berkenan silahkan mampir ke EPICENTRUMfolloback juga ya buat nambah temen sesama blogger,,tukeran link juga boleh,,makasih..^_^

    Reply

Leave a Reply

